Kebutuhan Anggaran Pilkada di Garut Mencapai Rp112 Miliar, Baru Cair Rp69 Miliar

- 19 Mei 2024, 21:09 WIB
Ketua KPU Garut, Dian Hasanudin sebut keperluan anggaran untuk pelaksanaan Pilkada di Garut mencapai Rp112 miliar.
Ketua KPU Garut, Dian Hasanudin sebut keperluan anggaran untuk pelaksanaan Pilkada di Garut mencapai Rp112 miliar. /Kabargarut.com/Aep Hendy S

KABAR GARUT - Untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Garut membutuhkan anggaran sebesar Rp112 miliar. Dari total kebutuhan sebesar itu, saat ini KPU Garut baru menerima anggaran Rp69 miliar yang merupakan bantuan dari Pemkab Garut.

Ketua KPU Garut, Dian Hasanudin , menyatakan dana sebesar Rp112 miliar dibutuhkan untuk pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Garut serta Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat. Dana tersebut berasal dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Garut dan APBD Provinsi Jawa Barat.

"Total kebutuhan anggaran untuk pelaksanaan Pilkada serentak 2024 di Garut mencapai Rp112 miliar. Anggaran tersebut berasal dari dua sumber yakni APBD Garut Rp69 miliar dan APBD Provinsi Jabar Rp43 miliar", ucap Dian.

Baca Juga: Hati-hati, Jangan Gunakan Klakson Telolet di Garut Jika Tak Ingin Ditilang

Diakui Dian, untuk saat ini pihaknya baru menerima anggaran dari APBD Garut yang besarannya Rp69 miliar. Sedangkan sisanya yang berasal dari APBD Provinsi Jabar, hingga saat ini belum turun.

Menurutnya, anggaran dari APBD Garut sebesar Rp69 miliar saat ini sudah masuk di rekening kas KPU Garut. Sedangkan anggaran dari provinsi yang peruntukannya buat pembayaran honor badan ad-hoc dan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDT), masih belum bisa dicairkan.

Proses pencairan anggaran dari APBD Pemkab Garut, imbuh Dian, dilakukan secara bertahap dengan dua kali pencairan. Pencairan tahap satu di tahun anggaran 2023, sedangkan tahap dua di tahun anggaran 2024.

Baca Juga: Sebagian Masih Proses, Pembayaran Lahan Terdampak Tol Getaci di Garut Sudah Mencapai Rp517 Miliar Lebih

"Besaran anggaran untuk pelaksanaan Pilkada serentak 2024 di Garut itu itu sudah berdasarkan usulan. Anggaran sebesar itu alam digunakan untuk menunjang setiap tahapan pelaksanaan Pilkada Kabupaten Garut maupun Pilkada Provinsi Jawa Barat yang akan dilaksanakan 27 November 2024 mendatang", katanya.

Halaman:

Editor: Aep Hendy


Tags

Artikel Pilihan

Terkini