HINDARI MACET! Jalan Pansela Jawa: Jalur Alternatif Mudik Lebaran 2024

- 3 April 2024, 08:21 WIB
Jalan di pantai selatan (Pansela) Pulau Jawa
Jalan di pantai selatan (Pansela) Pulau Jawa /Foto: Kementerian PUPR/

KABAR GARUT - Jalur pantai selatan (Pansela) yang membentang dari Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur bisa dijadikan jalur alternatif untuk menghindari macet saat mudik maupun balik pada Lebaran tahun ini.

Hal tersebut disampaikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga. Jalur Pansela, ujar Ditjen Bina Marga, dapat menjadi jalur alternatif bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik maupun balik pada Lebaran ini.

"Jalur ini sudah membentang di sisi selatan mulai dari Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Jalur Pansela ini bisa menjadi alternatif jalur mudik dan balik Lebaran yang sangat menarik dengan panorama alam indah," ujar Kepala Subdit 1 C Direktorat Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah I Ditjen Bina Marga Agung Prabowo dalam keterangannya di Jakarta, dikutip Kabar Priangan.com dari ANTARA, Rabu 3 April 2024.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya bahwa sebagai upaya untuk mengurangi beban atau kepadatan lalu lintas di jalur Pantura dan tengah Pulau Jawa, Ditjen Bina Marga secara bertahap juga sudah membangun serta meningkatkan jalan dan jembatan di jalur Pantai Selatan Pulau Jawa (Pansela)," kata Agung menambahkan.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus berkomitmen dalam
pengembangan infrastruktur, dengan fokus khusus pada pembangunan aksesibilitas jalan di Pulau Jawa.

Upaya ini tidak hanya terbatas pada pembangunan jalan tol tetapi juga mencakup pengembangan jalan lintas antarprovinsi, terutama di kawasan jalur Pantai Selatan (Pansela).

Jalur Pansela yang terentang mulai dari Banten hingga Banyuwangi telah berhasil dibangun sepanjang 1.311,32 kilometer dari total rencana pembangunan sekitar 1.545 km.

Menurut Agung, sepanjang jalur Pansela, terdapat beragam destinasi wisata dan kuliner yang menarik, menawarkan pengalaman berharga bagi para pemudik saat musim Lebaran.

Jalur Pansela, yang menghubungkan wilayah pesisir selatan Pulau Jawa, berjalan paralel dengan Jalur Pantai Utara, menghubungkan berbagai kota besar seperti Cilegon, Anyer, Pangandaran, Yogyakarta, hingga Banyuwangi.

Jalur ini melintasi lima provinsi di pesisir selatan Pulau Jawa, yaitu Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur, menawarkan pemandangan alam yang memukau sepanjang perjalanan.

Halaman:

Editor: Sep Sobar

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x