Menyusuri Jalan Pansela Pulau Jawa: Bisa Berwisata Sembari Mudik Lebaran ke Kampung Halaman

- 3 April 2024, 10:21 WIB
Pantai Karang Hawu, Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat
Pantai Karang Hawu, Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat /Instagram/@topiksayabundar

KABAR GARUT - Jalur pantai selatan (Pansela) Pulau Jawa membentang dari Banten sampai dengan Banyuwangi, sudah terbangun sepanjang 1.311,32 kilometer dari rencana total panjang jalan yang akan dibangun sekitar 1.545 km.

Dengan telah rampungnya sebagian besar jalan Pansela tersebut, sangat memudahkan aksesibilitas transportasi  di wilayah ini termasuk untuk perjalanan mudik Lebaran.

Dilansir ANTARA, Kementerian PUPR terus membangun berbagai proyek infrastruktur khususnya akses jalan untuk wilayah Pulau Jawa. Selain jalan tol, yang juga menjadi perhatian adalah lintas jalan antar provinsi khususnya wilayah jalan Pantai Selatan.

Selain kondisi jalan yang sudah bagus, para pemudik sekaligus dapat menikmati pemandangan yang indah di sepanjang jalur Pansela serta terdapat banyak lokasi pariwisata yang bisa disinggahi sembari rehat dalam perjalanan.

"Sepanjang jalur Pansela ini banyak juga tempat wisata dan kuliner yang menarik untuk dikunjungi para pemudik Lebaran," ujar Kepala Subdit 1 C Direktorat Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah I Ditjen Bina Marga Agung Prabowo dalam keterangannya di Jakarta, dikutip Kabar Priangan.com dari ANTARA, Rabu 3 April 2024.

Jalur Pansela merupakan jaringan jalan yang melintas di pesisir selatan Pulau Jawa, menghubungkan rute yang sejajar dengan Jalur Pantura yaitu Cilegon– Anyer–Pangandaran–Yogyakarta–Banyuwangi.

Jalur ini sejajar dengan garis pantai selatan Jawa dimana setidaknya melewati 5 provinsi di pesisir selatan Pulau Jawa, yakni Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Jalur Pansela yang membentang dari Provinsi Banten hingga Jawa Timur ini merupakan jalan yang memiliki pemandangan indah (scenic road).

Kehadiran jalan Pansela memperluas pilihan bagi pengendara untuk melintas Pulau Jawa, yaitu pilihan jalur utara, jalan tol Trans Jawa, jalur tengah dan pilihan jalur selatan.

Jalur Pansela bisa dijadikan alternatif bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudil Lebaran kali ini, terutama mereka yang akan mudik ke wilayah di selatan Pulau Jawa.

Halaman:

Editor: Sep Sobar


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x